Pemkab Pegaf Dekatkan Layanan Kesehatan untuk Warga di 10 Distrik

Peresmian RS Pratama Yosmar Pegunungan Arfak/IG Dinkes Pabar
Peresmian RS Pratama Yosmar Pegunungan Arfak/IG Dinkes Pabar

Rumah Sakit Pratama Yosmar Pegunungan Arfak mulai beroperasi. Rumah sakit yang berada di Kampung Penibut, Distrik Hingk, Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) Provinsi Papua Barat bakal melayani masyarakat yang tersebar pada 10 distrik di Kabupaten Pegaf dengan jumlah jiwa sekitar 3.900-an orang.


Rumah Sakit Yosmar diambil dari singkatan nama Bupati Pgeaf, Yosiasa dan Wakil Bupati Pegaf Marinus. Jadilah disingkat menjadi Yosmar.

Direktur Rumah Sakit Pratama Yosmar Pegaf, Andi Salabay menuturkan terdapat 5 dokter dan 20 tenaga perawat dan tenaga lainnya sebagai penunjang pelayanan kesehatan.

Beberapa bulan ke depan, rumah sakit pratama masih melayani rawat jalan dan untuk rawat inap baru dapat dilayani pada 2024.

“Kami memiliki dokter umum 3 orang dan dokter spesialis 2 orang, serta tenaga dokter tetap. Termasuk para dokter yang bertugas di puskesmas siap membantu,” jelasnya.

Rumah sakit tersebut juga memiliki 3 unit mobil operasional, 4 unit rumah dokter masih dalam proses pembangunan.

Bupati Pegaf, Yosias Saroy mengatakan pembangunan rumah sakit menghabiskan dana Rp66 miliar yang bersumber dari DAK Pegaf. “Anggaran tersebut termasuk untuk pengadaan alat kesehatan,” ujarnya.

Peresmian RS Pratama Yosmar Pegunungan Arfak/IG Dinkes Pabar