Doa Agar Hujan Mendatangkan Berkah dan Tak Memicu Musibah

Ilustrasi hujan/istockphoto
Ilustrasi hujan/istockphoto

Sebagian besar wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan pada akhir November 2023 ini. Di beberapa wilayah hujan turun dengan intensitas tinggi. Sementara lainnya, masih ringan hingga sedang.


Hujan adalah siklus alam yang begitu diharapkan oleh seluruh makhluk. Tetesan airnya adalah sumber kehidupan seluruh makhluk di muka bumi.

Namun, ada kalanya, hujan mendatangkan bencana banjir atau longsor atau bencana hidrometeorologi lainnya. Mitigasi perlu dilakukan di wilayah rawan bencana.

Selain ikhtiar secara lahiriah dengan intervensi teknologi dan rekayasa sosial, sangat baik jika dibarengi dengan doa. Harapannya, hujan mendatangkan berkah alih-alih memicu musibah. 

Berikut adalah doa Rasulullah SAW ketika hujan turun, saat melihat awan hitam yang bisa dipraktikkan oleh umat Islam.

  1. Bacaan doa Rasulullah SAW agar hujan tidak mengakibatkan banjir

Arab-latin: Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthÅ«nil awdiyati, wa manābitis syajari.

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”

Doa tersebut diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib.

Melansir situs resmi NU, doa tersebut dibaca oleh Rasulullah saat khutbah Jumat berlangsung. Kala itu ada seorang sahabat datang melapor bahwa hujan deras berlangsung sekitar enam hari. 

Berdasarkan laporan, akibat hujan tersebut masyarakat kehilangan harta benda dan merusak fasilitas jalan. Maka dari itu, Rasulullah SAW membaca doa tersebut.

  1. Doa yang dibaca Rasulullah SAW saat melihat awan hitam yang kelam

Arab-latin: Allahumma inni a’udzu bika min syarriha.

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keburukan awan ini.”

  1. Doa yang dibaca Rasulullah SAW saat turun hujan

Arab-latin: Allahumma shayyiban nafi’an.   

Artinya: “Ya Allah turunkanlah hujan yang membawa manfaat dan kesenangan.”

Wallahu a’lam.