Bupati Fakfak Protes Pernyataan Bupati Mimika Terkait Pembangunan Smelter 

Bupati Fakfak,Untung Tamsil/Biman
Bupati Fakfak,Untung Tamsil/Biman

Bupati Fakfak,Untung Tamsil protes pernyataan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng yang menyebutkan Fakfak tidak cocok dibangun smelter Freeport karena topografi wilayah bergunung 


Respon keras itu disampaikan Bupati Untung kepada awak media dalam jumpa pers di kediamannya, Sabtu (25/11).

"Perlu saya tegaskan Kabupaten Fakfak di Provinsi Papua Barat setelah memekarkan Timika dan Kaimana memiliki luas wilayah 14.320 km persegi,"katanya.

Lanjut Untung, dari luas wilayah Fakfak tersebut meliputi area pegunungan dan pesisir termasuk kepulauan. 

"Perlu diketahui, ada beberapa wilayah di Kabupaten Fakfak yang rata dan tidak bergunung serta memenuhi kualifikasi dan cocok untuk dibangun smelter Freeport,"ujarnya.

Menurut Bupati Untung, dalam penentuan lokasi smelter pastinya pemerintah telah melakukan kajian dan tentu secara teknis memenuhi standar. 

"Oleh sebab itu, tidak ada alasan kalau di Fakfak tidak bisa dibangun smelter Freeport apalagi dikatakan karena topografi bergunung,"katanya .

Secara khusus, Untung Tamsil meminta kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng agar dapat secara bijak dan membuka diri untuk investasi berkeadilan.

"Saya minta hargai ibu kandung yakni Fakfak yang melahirkan Timika dan berkembang seperti saat ini,"ujarnya.

Selama masih satu Tanah Papua,tambah dia, tentunya yang paling terpenting dengan adanya smelter di Fakfak maka dapat bermanfaat bagi Provinsi Papua Barat juga.(Biman)